Followers

Kamis, 02 Maret 2017

Paus takkan pernah menjadi Lumba-lumba

Sadar ga sadar gue pernah sedikit dibuat tergila-gila sama satu senior gue di SMA, waktu itu gue masih kelas 1 dan masih culun-culunnya, sedangkan dia kelas 3 dan dia juga lagi charming-charmingnya waktu itu.

Minggu itu adalah hari pertama gue memasuki SMA kebanggaan gue, dengan memakai baju olahraga SMP yang bikin body gue terlihat seperti sapi bunting, gue pun masuk barisan kelas gue, yaitu kelas X.2. Ada beberapa siswa yang gue kenal pada hari itu, mereka adalah teman-teman SMP gue yang juga diterima di SMA yang sama. Selebihnya, gue ga kenal dan gue pengen banget untuk segera berkenalan dengan mereka semua. Yeay! Gue suka bergaul, punya temen baru jadinya punya banyak teman!

Kamipun sudah berada pada kelas masing-masing. Para senior juga sudah diberikan tugas dan tanggung jawab untuk membina setiap kelas. Setiap kelas ada 5 pembina. Di kelas gue ada bang Kasep, bang Alfredo, bang Rajo, bang Cino sama kak Syifa, mereka semua berkenalan dan gue masih ingat jelas bagaimana wajah mereka. Kemudian, mereka lanjut dengan memberikan brief mengenai peralatan MOS (Masa Orientasi Siswa) yang harus kami siapkan, yang kemudian akan kami gunakan untuk seminggu kedepan. Gue anaknya memang ga ingin ribut dengan siapapun (apalagi sama senior), so sebisa mungkin gue harus punya atribut lengkap.

- Topi terbuat dari karton hitam - checked
     - Gelang kiri terbuat dari 5 buah permen lolipop Chupa-chups - checked
     - Gelang kiri terbuat dari 5 buah permen lolipop Milkita - checked
     - Kalung terbuat dari 6 buah bola pingpong warna orange - checked
     - Papan nama yang terbuat dari kardus Indomie yang kemudian di lapisi kertas warna hijau - checked
     - Tas yang terbuat dari karung goni dengan tali rafia – checked

Oiya, nama kelas kami adalah Deka Buldoger dan warna khas kelas kami adalah hijau.

Seninnya, gue udah siap masuk sekolah dengan seragam baru (alhamdulillah jauh lebih longgar, hehe) dan juga dengan atribut-atribut konyol tersebut (ups, maaf senior-senior kece ku). Gue duduk di meja paling depan di baris kedua dari pintu kelas. Teman sebangku gue adalah si Yurika, ya Yurika Dianasari, kebetulan dia adalah teman gue waktu SMP juga. Hari ini berjalan dengan menegangkan dan juga menyenangkan. Bisa kenal kakak dan abang kece dari kelas lain, kakak dan abang Satgas yang galak-galak padahal kalo ga lagi MOS mereka mah baik dan seru abiiiiss!

Selasa, Rabu, Kamis, Jum'at rasanya sama, seru tapi bikin tegang. Bikin jingle dan yel-yel untuk lomba antar-kelas nanti di hari Sabtu. Kebetulan, gue adalah salah satu pentolan di kelas gue ini. Orang yang berani maju, berani malu, berani lah pokoknya. Keliatannya sih berani, padahal mah ya karena gue emang sedikit rusuh aja. Sayang kan kalau momen kaya gini gue lewatin cuma dengan diam. Makanya gue sering diisengin sama senior-senior buat mimpin nyanyi di depan kelas :))))) Waktu istirahat adalah waktunya buat menuhin buku mos dengan minta tanda tangan kakak dan abang senior. Kejar mereka ke sana-sini, ngajak kenalan udah kaya cewe ganjen. Tapi gue yang dulu kayanya terlalu mager buat ngejar-ngejar mereka secara nyata. Gue lebih memilih untuk berinteraksi dan berkomunikasi melalui dunia maya, ya melalui Facebook.

Diantara 4 hari itu, gue ga terlalu banyak dapat tanda tangan senior. Ya karena mager tadi itu. Awalnya gue gatau siapa aja senior-senior yang pernah isengin gue (selain pembina kelas gue ya), yang pernah gue ajak ngobrol atau ngajak ngobrol gue. Sampai akhirnya, Si Yurika Dianasari, teman sebangku gue nyeletuk, "Eh Min, ngapain dah abang tu sering banget ke kelas kita ya? Nyamperin lu terus ke meja, iseng". "Hah, siapa pula?", jawab gue. Karena gue ga ngeh dan juga karena gue keseringan tegang (eh ini maksudnya tegang karena takut ya kalo gerak dikit atau apa dikit di omelin senior) di kelas, jadinya gue kurang perhatian sama kelas.
"Ciyee ciyeee.."
"Apaan dah?"
"Bang Malik ciyee"
"Lah gue bahkan ga kenal dia"
Si abang yang bernama Malik itupun masuk ke kelas gue, nyamperin meja gue, megang-megang gue, eh maksudnya megang-megang atribut gue. :)))
"Jasmin"
"Hehehe, iya Bang"
"Hmmm"
"Hehehe, minta tanda tangannya dong Bang". Kesempatan nih, bilang gue dalam hati.
"Hahaha kenalan dulu lah"
"Eh, hehe yaudah sekarang"
"Lah, gak lah ntar aja pulang sekolah ya"
"Pulang sekolah gimana Bang?"
"Cari abang pas pulang sekolah nanti"
"Hehehe oke Bang"
Dia pun berjalan keluar kelas, gue nyeletuk dalam hati "Wah, ganteng juga hehe".
"Ciyeeee ciyeeee". Si Yurika kampret ganggu imajinasi gue. "Apaan sih Rik, hahaha,"
Menjelang pulang sekolah, latihan jingle dan yel-yel kelas sekali lagi. Trus dilanjutkan dengan wejangan-wejangan dari kakak pembina. Sampai akhirnya bel tanda kelas harus bubar berbunyi sore itu.

Gue tadinya lupa punya utang yang harus gue selesaikan, yaitu nyari si abang yang tadi gangguin gue di kelas. Eh taunya di gerbang sekolah gue malah ga sengaja ketemu sama si itu abang. Yaudah gue liatin aja dia, eh trus dia juga liat ternyata, barulah gue panggil dengan nada kecil. Untung dia ngeliat, kalo ga mah ya kan malu teriak-teriak panggil ABAAANNGGGG gitu, belum juga gue tau namanya, bisa-bisa semua orang ngeliatin gue. Hehe untung aja ga gitu...
Si abang nyamperin gue, kita berdiri persis di depan gerbang, dekat kaca, dia sambil nyender ke dinding, gayanya bener-bener ke-senioran (?)
"Bang, minta tanda tangan hehe"
"Kenalin diri dulu lah haha"
"Hehe iya, perkenalkan nama aku Mutiara Fadilah Jasmin, biasa dipanggil Jasmin atau Mine sih bang hehe", sambil nyodorin tangan.
"Muhammad Malik", katanya sambil nyambut tangan gue.
"Hehe bang Malik, tanda tangan ya bang"
Akhirnya dia kasi tanda tangannyanya juga, dalam hati gue ngebathin. Dia juga menulis namanya di sebelah jabatan dia yaitu Perwakilan Voli. Perwakilan di sini adalah orang yang menjadi ketua pada suatu ekskul. Itu artinya? Yap, bang Malik ini adalah ketua dari ekskul Voli!!!!
"Makasih yang bang, hehe"
"Ya sama- sama hehe"
Yang gue ingat jelas, kita berdua waktu itu memang kebanyakan ketawa dan senyum-senyum ga jelas, ntah karena malu ntah karena apa. Yang jelas saat itu, banyak banget yang ngelewatin kita berdua, ya secara, guenya yang gendut, culun, aneh pake atribut lagi ngobrol berdua sama senior tampan, ya jelas ga imbang kan.

Suatu pagi di antara 4 hari (ntah Selasa, Rabu, Kamis atau Jumat) itu, ntah hari apa, gue lupa. Gue sama teman-teman gue udah duduk di kelas sambil ngobrol menjelang kakak dan abang pembina datang. Tiba-tiba ada yang manggil dari luar kelas, taunya bang Malik.
"Miiiiiiiiiiiiiiiin...", sambil melambaikan tangan seolah memanggil dan menyuruh gue menghampiri dia. Salting sih gue waktu itu, malu-malu kaya orang idiot.
"Kenapa bang?", tanya gue menghampiri dia.
"Tuh dipanggil bang Rajo di bawah". Kebetulan kelas gue itu ada di lantai 3, dan waktu itu posisi kita berdua lagi di balkon depan kelas.
"Hah?", sambil melihat ke bawah. "Kenapa bang Rajooo?", teriak gue. Bang Malik juga ikutan liat ke bawah.
"Abang, agak terlambat masuk kelas ya, tolong kondisiin dulu kelas, latihan jingle atau yel-yel dulu aja", kata bang Rajo sambil teriak.
"Okeee bang Rajoooo!"
"Siippp, thanks Min!"
Senior High School Cuteness

Gue berbalik berniat masuk kelas, lalu pamit sama bang Malik. Pas udah duduk lagi di bangku, si Yurika kasih liat sebuah foto.
"RIIIK, busettt, paparazii lo yaaaa, sialan gede banget itu gue kaya sapi mau meledak!"
"Wakakaka abisnya kalian romantis berdiri di sana berduaan, hahaha"
"Astaghfirullah, bagilah sini gue fotonya! Hahaha"
"Jailah, seneng kan lu?!?! Bilang makasih sama gue dong.."
"Bodo amat!! Hahaha"
"Hahaha..."

Selanjutnya pada suatu siang di minggu yang sama, ntah di hari apa, gue masih lupa. Ada pengumuman dari kakak dan abang pembina.
"Kalian semua harus bikin 1 surat cinta untuk salah satu senior kalian, ga harus kakak atau abang pembina di kelas. Boleh untuk Satgas, boleh untuk pembina kelas lain", kata bang Cino.
"Setiap surat yang kalian bikin harus tertera nama kalian, di dalamnya, bikin se-romantis mungkin, se-kreatif mungkin, nanti bakal ada pemenangnya loh!! Dapat hadiah pula", bang Kasep meneruskan.
"Oiya, nanti setiap surat harus ada coklatnya juga ya, Silver Queen yang gede itu loh", kak Syifa melengkapkan.
Dari saat itu gue udah muter otak, mau bikin surat cinta untuk siapa, mau bikin surat cinta kaya gimana. Belum pernah gue ngerasain cinta-cinta itu pun, hahahaha. Tadinya gue kepikiran nulis surat untuk bang Rajo aja, abisnya dia cool-cool manis gimana gitu.
Tapi akhirnya rencana gue itu berubah, karena si abang Malik kampret itu nyamperin gue lagi ke kelas.
"Miin, nanti bikin surat cintanya ke abang aja yaa", katanya sambil senyum-senyum ga jelas.
"Hah? Gimana bangg?", kata gue sambil nanya dalam hati, ini gue ga salah denger kan ya?
"Hahaha, bikin suratnya buat abang ajaa".
"Hahahahaha....hehehe, iyaa liat nanti yah bang".
"Okee, ditunggu yaa".
"Hehehehe iyaa".
Gue gatau itu yang denger si abang ngomong gitu yang denger siapa aja, asli gue cuma bisa tersipu malu. Dari saat itu, gue mulai kepikiran sama si bang Malik. Gue jadi penasaran sama dia. Sama kehidupannya, teman-temannya, pokoknya semuanya yang ada hubungannya sama dia. Dan gue pun mulai seperti agen FBI. Huvt.
Akhirnya gue bikin 2 buah surat cinta, untuk bang Malik dengan amplop hijau, untuk bang Rajo dengan amplop Biru. Kedua suratnya punya konsep yang sama. Haha ga kreatif dan ga romantis sedikitpun. Lagian gue dulu belum bakat ngegombal, selain itu gue juga malu nulis yang gitu-gituan mah. Lalu gue memantapkan hati gue untuk hanya mengumpulkan surat cinta untuk bang Malik. Huvt. Semoga dia ga kecewa sama isinya, maafin gue bang, waktu itu gue masih polos banget asli, hehe.

Sabtu, hari terakhir MOS. Hari yang melelahkan, menyenangkan, menegangkan, menyedihkan sekaligus hari yang pengen banget gue ulang kalau bisa. Hehe. Kumpul di lapangan dari pagi, latihan jingle dan yel-yel. Lomba jingle dan yel-yel antar kelas. pengumuman King dan Queen, pengumuman Surat Cinta terbaik, pengumuman kakak dan abang terfavorit, promosi ekskul, foto-foto, ketawa-ketawa, panas-panas, tapi seru. Makin bangga gue sama sekolah gue. Di hari itu, mata gue selalu nyari-nyari keberadaan bang Malik. Kadang keliatan, kadang engga, dia ikut mempromosikan beberapa ekskul selain voli, ada badminton, karate dia juga bisa, bola dia juga ikutan. Hmm dia bisa semua kayanya, pikir ku dalam hati, sambil senyum-senyum ngelliatin aksi dia di tengah lapangan.

Setelah MOS itu, hari-hari gue selalu ditemani oleh rasa ingin tau lebih banyak tentang bang Malik. Sampe orang-orang ngira kalo gue naksir berat sama bang Malik. Lo berhasil bang, bikin gue segitunya, makasih loh :))) Gue juga jadi tau kalo panggilan lo ternyata Mals. Setiap hari, gue lewatin kelas lo, parkir sebelah motor lo, liatin lo jajan ke kantin, bikin-bikin status tentang lo di Facebook, ngikutin kemana lo pergi, ngepoin teman-teman kelas lo, teman-teman les lo, sksd sama mereka, chat-chatan sama mereka di Facebook. Dih gue ilfeel sama diri gue yang dulu, hahaha malu maluin coy!! Gue tau waktu itu gue lebay. Lebay banget parah maaf yah kalo udah bikin lo insecure.

Sampe akhirnya waktu itu gue tau lo lagi deket sama cewe, cantik, putih, keren bawa mobil, tapi beda sekolah sama kita. Dia itu si gadis lumba-lumba temen les lo. Gue tau itu, gue sampe sksd juga sama si kakak lumba-lumba itu. Gue juga ga ngerti gue ngapain, seolah ga ada malu sedikitpun. Duh, pengen rasanya ngapus peristiwa yang malu-maluin itu dari otak gue, tapi ya gimana, walaupun itu ga indah, namanya tetap saja kenangan.
Parahnya lagi, gue juga sempet berantem gede sama si abang Malik. Bukan cuma sama dia, tapi sama teman-teman sekelasnya. Gara-gara gue nulis lirik lagu sheila on 7 yang judulnya Pe De.

Aku memang belum punya mobil
Yang bisa teduhkanmu dari hujan
Tapi aku punya lagu
Yang bisa menghangatkanmu di setiap saat
Aku memang nggak funky
Tapi bukan gembel yang hidup tanpa usaha

Gue emang suka banget nulis lirik lagu yang sesuai sama keadaan dan kondisi hati gue. Begonya gue dulu, gue ga mikir kalau kata-katanya itu bakal bikin orang merasa kesindir atau engga. Huvt.

Paus emang ga bakal jadi lumba-lumba dan ga bakal bisa kurus sampe kaya Aura Kasih. – Muhammad Malik
Seorang bang Mals, bikin status gitu di Facebook. Teman-teman sekelasnya ikutan comment.
Paus mana bisa jadi Aura Kasih!
Dasar junior kurang ajar!
PeDe boleh tapi jangan sampe GeDe!
Sabar Mal! Orang kaya gitu mah musuhin aja.
Paus ga tau di untung!
Ckckck junior cari lawan sama senior nih.

Dan banyak kata-kata hinaan lainnya yang dilontarkan sama teman-teman sekelasnya. Gue kaget, gue marah, gue benci, gatau benci sama siapa. Gue ga bermaksud cari masalah, gue juga ga yakin apa gue cinta sama bang Mals atau cuma sekedar ngefans. Gue ga ngerti sama apa yang gue rasain. Gue bingung. Mulai saat itu gue gamau lagi ketemu dia, malu gue. Di sisi lain gue juga benci sama dia karena nulis segitu buruknya.
Kenapa gue merasa status itu buat gue? Ya karena gue sering bilang kalo gue pengen punya body kayak Aura Kasih. Trus gue selalu banding-bandingin diri gue sama kak Lumba-lumba.

"Kalau dia Lumba-lumba gue apa ya? Paus deh kayanya, cocok. Hahaha", canda gue ngomong ke diri sendiri, sekaligus ke temen-temen gue.
Begitu ocehan gue kalo lagi bareng teman-teman, selain itu memang benar adanya, sekaligus jadi jokes receh gue buat ngelucu. Dan sepertinya bang Mals dan teman-temannya itu tau. Gue berasa hancur banget jadi manusia waktu itu. Berasa gagal jadi manusia yang penuh dengan sopan santun. Tapi untung ada cecurut - cecurut gue, teman kelas gue, yang siap ngebelain gue walau bagaimana pun. Hahaha.

Itu bener-bener moment paling malu-maluin seumur hidup gue, tapi kalo dinget lagi ternyata lucu juga ya. Bisa-bisanya gue ngatain diri gue sendiri kaya ikan paus. Ya prinsip gue adalah, sebelum gue dikata-katain orang lain, mending gue ngatain diri gue sendiri dulu kan. Hahahah.
Bertahun setelah itu, gue masih inget kejadian ini. Walaupun ga details, tapi inget kalo gue adalah paus yang obsesi pengen jadi lumba-lumba. Gue masih sering ceritain cerita ini keteman-teman gue, teman baru atau pun teman lama. Ya karena lucu memang. Tapi ya tetap aja, kalo gue ketemu bang Mals langsung, gue masih ga bisa liat mata dan wajahnya. Masih malu. hehehe



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Subscribe

Flickr

stelengah.blogspot.com